Perbedaan Ragam Jenis RAM DDR

perbedaan ragam jenis ram ddr
Share Ke Teman Dekat Anda!

Istilah DDR bukanlah istilah yang asing bagi orang sekalipun. Setiap membeli komputer atau laptop dan setiap membahas tentang RAM, maka istilah DDR akan muncul dan sering diikuti dengan angka dibelakangnya. Lalu sebenarnya apa itu DDR? DDR merupakan kependekan dari Double Data Rate, sebuah pengembangan dari Single Data Rate Synchronous Dynamic RAM atau SDRAM. Ditemukannya DDR membuat kecepatan dan tingkat efisiensi pengiriman data menjadi meningkat. Kecepatannya meningkat menjadi dua kali lipat karena pengiriman data yang terjadi  melalui efisiensi sinyal clok terhadap waktu yaitu dua transisi sinyal clock. SDRAM hanya bisa mengirim data pada saat naik atau turun saja sedangkan untuk DDR bisa mengirim di dua transisi clokc yaitu naik dan turun. Ditemukannya DDR pada sekitar menjelang tahun 2000 membuat komputer memiliki kinerja yang jauh lebih cepat pada saat ini. Dan kini, RAM DDR terus mengalami perkembangan hingga menghasilkan beberapa generasi yaitu dimulai dari DDR 1, DDR 2, DDR3, dan yang terbaru adalah DDR 4. Perbedaan apa saja diantara keempat DDR tersebut?

Terdapat perbedaan yang sangat jelas dari DDR 1 hingga DD4 yang tentunya mengarah pada perubahan yang lebih baik. DDR 1 merupakan RAM DDR generasi pertama yang ketika dikeluarkan disambut dengan baik oleh masyarakat luas. Seperti yang dijelaskan tadi, kecepatan yang ditawarkan oleh DDR 1 ini dua kali lipat dari SDR RAM yang sebelumnya dipakai. Kecepatan clock dari DDR 1 adalah 100-200 MHz dengan tranfer rate 200-400 MT/s. DDR 1 mulai dikenal sejak kemunculan komputer pentium IV. Menariknya, nama dari RAM yang evolusioner ini awalnya hanya disebut DDR RAM saja tanpa diikuti angka 1 dibelakangnya hingga muncul generasi kedua yaitu DDR 2. Untuk DDR 2 memiliki bentuk fisik pada notch-nya yang sedikit digeser ke arah kiri. Kecepatan clock dari generasi kedua DDR ini adalah 200-533 MHz dengan transfer rate yang sangat jauh peningkatannya yaitu mencapai 1066 MT/s. Generasi yang kedua ini lahir sekitar tahun 2008 atau lebih tepatnya ketika komputer dual core diperkenalkan. Lalu, yang ketiga adalah DDR 3 di era komputer i3 yang hingga kini masih banyak dipasarkan. Perbedaan fisiknya juga terlihat dari notch yang diletakkan lebih menepi. Untuk DDR 3 ini tidak hanya memiliki peningkatan transfer rate dan kecepatan clock namun juga memiliki penurunan konsumsi daya hingga 40% dari generasi sebelumnya. Ditegangan 1.5V pun DDR 3 dapat dioperasikan. Selain itu, terdapat fitur baru yaitu ASR dan SRT untuk pengontrolan refresh rate. Dan yang terbaru adalah DDR 4. Generasi RAM terbaru ini memiliki kemampuan transfer data hingga 3200 MT/s. Tingkat efisiensi juga semakin tinggi yaitu dengan tegangan kerja yaitu 1.2 V. Kelebihan utama dari pengembangan terbaru ini adalah kemampuan memproses 4 data sekaligus dalam satu sistem clock, dan sejumlah fitur yang meningkatkan stabilitas akses.

Untuk saat ini, secara umum DDR 1 sudah ditinggalkan. DDR 2 pun jumlahnya sudah sangat sedikit lantarn perubahan generasi ketiga yang memang lebih memberikan banyak keuntungan. DDR 3 merupakan generasi RAM yang paling disematkan semenjak kemunculan komputer atau laptop i3. Dan yang terbaru, DDR 4 juga sudah mulai dilirik oleh para pengguna komputer yang membutuhkan dapur pacu mumpuni misalnya para programmer dan profesional. Namun hingga kini, penggunaan DDR 3 masih yang paling besar dengan dibuktikan banyaknya produk komputer dan laptop baru yang masih menggunakan generasi ketiga ini.

1 thought on “Perbedaan Ragam Jenis RAM DDR

  1. ditahun 2016 ram yg ddr 3 selalu habis terjual, bukan karena kualitas namun karena hanya ingin lebih upgrade saja. miris!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *