Mengenal Ragam Perangkat Keras Komputer

mengenal ragam perangkat keras komputer
Share Ke Teman Dekat Anda!

Apa sajakah yang termasuk dalam perangkat keras komputer? Jika berbicara soal perangkat keras tentu saja jumlahnya sangat banyak. Perangkat keras atau biasa dikenal sebagai hardware merupakan komponen komputer yang berbentuk fisik atau bisa dilihat dan dipegang yang memiliki fungsi beragam. Perangkat komputer ada yang sifatnya wajib ada pada rangkaian komputer dan ada pula yang sifatnya hanya pendukung sesuai dengan kebutuhan. Perbedaan sifat diantara keduanya adalah soal mendesak dan tidaknya sebuah perangkat komputer. Untuk perangkat keras komputer yang wajib ada tentu harus tersedia karena berkaitan erat dengan proses komputerisasi dan berguna untuk membuat user atau pengguna bisa mengoperasikan sebuah komputer. Misalnya saja untuk perangkat keras komputer  jenis pemrosesan data seperti CPU, motherboard, RAM, power supply VGA card dan juga Sound card. Bahkan tidak hanya itu, sejumlah perangkat keras komputer yang termasuk input device seperti keyboard, mouse dan monitor pun wajib ada untuk bisa memanfaatkan komputer dengan baik. Memang, walaupun tidak wajib ada namun tanpa monitor tentu saja tidak akan bisa mengoperasikan komputer sesuai kebutuhan. Sedangkan tanpa keyboard atau mouse tentu saja tidak mendukung penggunaan komputer.

Berbicara soal jenis-jenis perangkat keras komputer terdapat beberapa perangkat yang sangat populer. Seperti yang telah dijelasn tadi, CPU adalah perangkat keras komputer yang wajib ada karena memiliki fungsi untuk mengolah, memproses, menghitung, dan memberikan perintah data dalam komputer. Bagian vital ini sering disebut sebagai otaknya dari sebuah komputer.RAM dan ROM juga termasuk perangkat keras komputer yang wajib ada untuk melakukan proses penyimpanan data dan mendukung memprosesan data. VGA merupakan perangkat keras komputer yang bekerja untuk mengubah sinyal digital menjadi bentuk tampilan yang bisa dilihat pada layar atau monitor. Soundcard memiliki fungsi untuk mengeluarkan dan merekam suara. Sedangkan untuk motherboard juga merupakan perangkat keras komputer yang populer dan wajib ada sebagai tempat terhubungnya prosesor, RAM, VGA card dan sebagainya serta  memiliki tugas-tugas teknis pada komputer. Selain itu, terdapat pula jenis perangkat keras komputer yang sifatnya hanya sekadar pelengkap namun tetap saja penting untuk dimiliki. Misalnya saja printer, yang merupakan perangkat keras komputer untuk mencetak teks atau gambar pada media kertas yang berasal dari produk olahan komputer. Yang kedua, ada pula perangkat keras komputer tambahan lainnya yang sangat penting yaitu monitor. Tentu saja tanpa monitor akan membuat komputer menjadi tidak bisa digunakan kecuali terhubung dengan perangkat penampil grafis lainnya misalnya proyektor. Yang ketiga adalah mouse, sebuah perangkat keras komputer yang juga penting untuk menggerakan ponter yang tertera pada layar. Dan yang terakhir adalah keyboard sebagai perangkat untuk memasukan perintah dalam bentuk huruf dan angka serta memiliki fungsi tombol shortcut yang memudahkan user atau pengguna.

Artikel Terkait : Inilah Tips Untuk Anda Yang Sedang Menginginkan Sebuah Motherboard

Selain perangkat keras komputer yang telah disebutkan tadi, masih banyak sekali contoh perangkat keras lainnya yang sifatnya tambahan namun juga sering dibutuhkan. Contoh perangkat tambahan yang dimaksud adalah scanner untuk melakukan penggandaan dari media kertas untuk diubah menjadi media digital yang terekam jelas sehingga bisa menjadi bentuk data komputer. Contoh kedua yang paling akrab dengan masyarakat luas adalah harddisk eksternal dan flash disk. Keduanya merupakan perangkat keras komputer untuk media penyimpanan tambahan yang sangat mendukung mobilitas. Ditemukannya flash disk sangatlah membantu banyak hal misalnya membawa data saat berpergian dan juga untuk pemindahan data dari komputer yang satu ke komputer lainnya.