Mengenal Memori Internal Dan Memori Eksternal Komputer

mengenal memori internal dan memori eksternal komputer
Share Ke Teman Dekat Anda!

Tahukah Anda apa itu memori internal dan memori eksternal komputer? Jika dilihat dari namanya, sudah pasti perbedaan yang paling mencolok adalah soal letak penyimpanannya. Namun, penjelasan mengenai dua jenis memori komputer ini tidaklah sesederhana itu. Bagi orang yang sudah sering mengutak-atik komputer pastinya sudah tahu secara mendalam tentang kedua memori penyimpanan ini. Namun untuk orang awam, ketika ditanyakan soal memeri komputer maka banyak orang yang masih menjawab flashdisk atau harddisk saja. Lalu seperti apakah keduanya? Yang pertama, memori internal memiliki definisi memori penyimpanan utama untuk data atau program yang bisa langsung diakses prosesor. Sedangkan untuk memori eksternal merupakan memori penyimpanan yang juga bisa digunakan untuk menyimpan data atau program dan juga bisa melakukan operasi penulisan serta pembacaan. Memeri eksternal ini merupakan perangkat keras tambahan untuk membantu fungsi RAM.

Memori internal dan memori eksternal memiliki fungsi yang berbeda. Keberadaannya pun juga berbeda lantaran jika suatu komputer tidak dilengkapi memori internal maka tidak bisa digunakan karena tidak ada suatu wadah untuk menjalankan program. Mengapa demikian? Ya, memori internal memiliki fungsi utama sebagai media penyimpanan dari perangkat input yang nantinya diberikan untuk diproses ke Arithmetic and Logic Unit yang nantinya hasil dari proses ini kemudian menjadi perintah output. Ada dua jenis memori internal yang memiliki fungsi spesifik masing-masing yaitu ROM dan RAM. Kedua istilah memori internal ini sering didengar namun tidak semua orang mengetahuinya secara pasti. ROM merupakan perangkat keras berupa chip yang sifatnya hanya bisa dibaca saja. Data program utama dari suatu sistem disimpan di ROM. Sedangkan RAM merupakan memori penyimpanan yang datanya dapat diubah atau diganti-ganti. Karena sifatnya ini, program utama disimpan di ROM bukanlah di RAM. Perangkat RAM yang biasanya digunakan oleh banyak komputer cukup beragam. Umumnya mulai dari kapasitas penyimpanan 128 MB, 1 GB, 4 GB hingga kapasitas dengan ukuran TB atau terabyte. Besaran kapasitas ini tidaklah bersifat esensial untuk suatu komputer namun akan sangat berpengaruh ketika menjalankan program yang membutuhkan media penyimpanan besar. Dan juga, besaran kapasitas RAM ini berpengaruh pada keleluasaan penyimpanan data bagi penggunanya.

Artikel Terkait : Beberapa Cara Ketahui Spesifikasi PC Tanpa Repot

Lalu, untuk memori eksternal keberadaannya memang tidak bersifat wajib atau dengan kata lain komputer bisa tetap berjalan walaupun tanpa dilengkapi memori eksternal. Sebenarnya, banyak orang yang sudah memahami secara mendalam tentang memori eksternal. Hanya saja untuk pendalamannya banyak yang belum mengetahuinya. Ya, seperti yang telah dijelaskan di awal, memori ini merupakan memori tambahan. Fungsi utama dari memori ekternal menyediakan ruang penyimpanan tambahan untuk sebuah komputer yang dirasa kurang memiliki ruang penyimpanan. Selain itu, memori tambahan juga berfungsi untuk mobilitas karena ada pula jenis memori eksternal yang mudah dibawa untuk membawa data. Secara karakter bahan, memori eksternal saat ini dibagi menjadi tiga. Yang pertama adalah magnetic disk yang terbuat dari bahan magnetic. Contoh dari magnetic disk adalah harddisk dan floppy disk. Yang kedua adalah optical disk. Media penyimpanan ini dikenali sebagai CD atau DVD. Dan yang ketiga adalah magnetic tape yang merupakan media penyimpan magnetik berbentik pita. Untuk masyarakat luas, memori penyimpanan yang paling sering digunakan adalah harddisk eksternal dan flashdisk. Keduanya mudah untuk dibawa kemana-mana dan penggunaannya pun sangat mudah karena berbasis USB yang hanya tinggal disambungkan ke komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *