Mengenal Dunia Jaringan Komputer

mengenal dunia jaringan komputer
Share Ke Teman Dekat Anda!

Tahukah Anda apa yang dimaksud jaringan komputer? Jaringan komputer memiliki makna yaitu suatu sistem yang dibuat untuk menghubungkan dua komputer atau lebih dengan tujuan untuk bisa saling berbagi data, berbagi perangkat keras dan berbagai aplikasi melalui transmisi atau media komunikasi. Pemahaman tentang dunia jaringan komputer ini sejatinya sudah sangat dipahami oleh banyak orang saat ini lantaran pengaplikasian jaringan komputer saat ini sudah sangat masif dan tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Penyatuan beberapa komputer dan terminal komunikasi membuat berbagai macam kegiatan bisa dilakukan dengan efektif, efisien, mudah dan cepat tentunya. Terdapat beberapa manfaat yang begitu terasa dari jaringan komputer diantarnya adalah proses pengiriman data yang lebih cepat, pengiriman data yang efisien, mempermudah komunikasi, membuat adanya kemungkinan berbagai perangkat keras, berbagi software, dapat saling mengirimkan data baik yang berbentuk teks, audio maupun video, dan juga dapat pula berbagi akses internet. Pemanfaatan jaringan komputer sangat terasa jelas diperkantoran. Namun tidak hanya itu, hanya sekadar disebuah jasa fotocopy pun memanfaatkan salah satu bentuk jaringan komputer yaitu ketika berbagai printer dari beberapa komputer sekaligus.

Ada beberapa perbedaan yang bisa terlihat jelas dari macam-macam jaringan komputer. Jika dilihat dari jangkauan jaringan komputernya, terdapat beberapa jenis yaiut LAN, MAN, dan WAN. LAN merupakan kependakan dari Local Area Network yang digunakan untuk cakupan wilayah yang sempit misalnya sekolah, kampus, dan kantor. Yang kedua adalah MAN yang memiliki arti Metropolitan Area Network. Cakupannya lebih luas yaitu satu kota atau daerah. Mudahnya, MAN merupakan gabungan beberapa LAN dalam satu regional. Sedangkan WAN yaitu Wide Area Network yang cakupannya lebih luas lagi misalnya saja sebuah negara. Jika dibedakan dari media transmisinya, terdapat dua jenis jaringan komputer yaitu yang menggunakan kabel dan nirkabel. Penggunaan kabel misalnya pada jenis jaringan komputer LAN untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus untuk saling bertukar data dan saling akses internet dengan kabel UTP. Sedangkan untuk jaringan komputer nirkabel atau biasa disebut wireless network menggunakan wireless adapter untuk menjadi fasilitas jaringan ini yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Pengiriman data tidak dilakukan dengan kabel atau memungkinkan antar komputer yang tidak saling terhubung dengan kabel tetap bisa melakukan pertukaran data, saling akses, dan sebagainya. Penggunaan gelombang elektromagnetik dalam mengirim sinyal data sangatlah mendukung jaringan komputer yang cakupannya luas.

BACA JUGA : Mengenal Memori Internal Dan Memori Eksternal Komputer

Selain itu, ada satu lagi pemahaman jaringan komputer yang dibedakan dari hubungan tiap komputer. Berdasarkan hubungan antar komputer yang saling terhubung, terdapat dua jenis jaringan komputer yaitu jaringan client-server dan jaringan peer to peer. Apa perbedaannya? Jaringan komputer client to server memiliki makna yang sama seperti namanya yaitu jaringan yang terdiri dengan adanya satu komputer menjadi server dan beberapa komputer yang menjadi client-nya. Namun, jaringan jenis ini bisa juga  terdiri dari komputer server yang lebih dari satu. Perbedaan diantara keduanya, komputer server akan menjadi penyedia daya data sedangkan komputer client akan menerima dan menggunakan data yang telah diberikan oleh server. Lalu untuk jaringan komputer peer to peer adalah jaringan yang membuat komputer server dan client memiliki kedudukan yang sama. Komputer client bisa diubah menjadi server dan komputer server bisa diubah menjadi client atau dengan kata lain jaringan ini memungkinkan beberapa komputer untuk saling memberikan data.