Memori Internal Dan Eksternal Sebagai Media Penyimpanan

Share Ke Teman Dekat Anda!

Komputer mempunyai banyak manfaat serta fungsi yang dapat membantu segala tugas atau pekerjaan anda. Pekerjaan akan terasa lebih mudah dan ringan dengan menggunakan bantuan komputer yang tentu saja berbeda dengan zaman dahulu yang harus menulis atau melakukan hal lain dalam pekerjaannya secara manual.

Media Penyimpanan Pada Komputer

Komputer dapat dikatakan sebuah mesin dengan beragam perangkat yang menyusunnya sehingga jadilah sebuah alat yang dinamakan komputer. Ketika anda telah selesai melakukan atau mengerjakan tugas anda dalam beragam bentuk, seperti teks, gambar, serta lainnya maka anda membutuhkan sebuah ruang untuk bisa menyimpan file tersebut.

Untuk itulah kita membutuhkan memori yag ternyata dibagi menjadi dua dengan fungsinya masing-masing sebagai berikut.

Memori internal

Media Penyimpanan Pada Komputer

Memori ini tentu saja berfungsi untuk menyimpan data dalam bentuk beragam. Memori internal termasuk dalam memori yang terpasang langsung dalam komputer. Penggunaannya akan sangat penting untuk anda, karena data yang telah anda proses tak akan hilang, melainkan akan terjaga dengan baik dalam sebuah ruang penyimpanan. Nah sebenarnya memori internal didalamnya terdiri dari RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).  RAM merupakan tempat penyimpanan yang isinya (file) dapat dilakukan penggantian selama komputer yang digunakan hidup. RAM tersebut juga dibagi menjadi beberapa jenis, seperti SIMM (Single in-lne memory module), DIMM (dual in-line memory module), DRDRAM (direct rambus DRAM), serta DDR SDRAM (double-date-rate SDRAM). Nah sedangkan ROM yaitu jenis memori internal yang memungkinkan isinya atau data yang ada tak akan hilang ketika taka da aliran listrik ke komputer dan memungkinkan data yang ada tersebut hanya bisa dibaca saja tanpa bisa menggantinya seperti yang dilakukan pada ROM. Penggunaan memori ini akan sangat penting, terutama dalam hal perlindungan terhadap suatu hal atau informasi yang sifatnya sangat penting.

Memori eksternal

Memori eksternal

Memory eksternal tak kalah pentingnya dalam penggunaan sebuah komputer, karena sebenarnya kedua jenis memori tersebut akan bermanfaat untuk anda. Yang dinamakan memori eksternal merupakan memori tambahan dengan fungsi yang sama yaitu untuk menyimpan data dengan beragam bentuk yang memang membutuhkan untuk dilakukan penyimpanan. Nah memori eksternal tersebut terbagi lagi menjadi beberapa jenis, salah satunya yaitu multiple disk (harddisk, flashdisk, floppydisk, CD ROM, CD – R). Untuk jenis harddisk itu sendiri beragam, ada yang 1 GB hingga 1000 GB serta ada banyak lagi yang lainnya. Nah kemampuan dari harddisk itu sendiri bergantung pada kapasitas harddisk tersebut. Flashdisk juga mempunyai kapasitas yang beragam dengan bentuk fisik kecil seperti modem. Nah terlebih lagi sekarang ini dengan zaman yang telah semakin berkembang dan sangat mempengaruhi dalam bidang teknologi ini yaitu dengan kemunculan beragam bentuk dari flshdisk dengan beragam kapasitas. Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan dengan kapasitas yang diinginkan pula yang dibutuhkan anda untuk keperluan tertentu.

Setelah mengetahui lebih banyak hal seputar memori yang ternyata dibagi menjadi dua yaitu memori internal dan eksternal maka hal ini semoga dapat bermanfaat untuk anda dan menambah pengetahuan anda mengenai dunia komputer dengan beragam perangkat yang ada, seperti perangkat penyimpanan berupa memori internal dan juga memori eksternal. Dengan adanya perangkat tersebut maka orang tak akan khawatir dengan segala file atau data yang telah diolah dan membutuhkan untuk dilakukan penyimpanan. Sekian dan semoga menjadi orang berwawasan lebih luas.