Membuat Jaringan Router Wifi dari Laptop

Membuat Jaringan Router Wifi dari Laptop
Share Ke Teman Dekat Anda!

Memang jika anda memasang jaringan internet di rumah anda, mungkin tidak langsung dilengkapi dengan router dari pihak provider internet tersebut. Sangat sering dijumpai, ketika seseorang mulai memasang sebuah jaringan internet, maka jaringan tersebut hanya bisa sampai pada anda dengan bantuan kabel LAN sebagai media penghubungnya. Tentu hal ini cukup menyebalkan, karena anda tidak bisa menghubungkan beberapa device sekaligus ke internet.

Alat Penyebar Jaringan ke Beberapa Device

Alat Penyebar Jaringan ke Beberapa Device

Pada kondisi ini, anda membutuhkan sebuah alat yang berfungsi untuk menyebarkan jaringan tersebut baik dengan bantuan sinyal jaringan ataupun juga dengan alat yang dapat mencabangkan kabel jaringan tersebut ke beberapa device. Alat yang harus anda miliki tersebut tidak lain dan tidak bukan bernama router. Ya, dengan router, anda bisa membuat sebuah jaringan dari kabel, berkapabilitas untuk disebarkan dengan bantuan media lainnya. Beberapa jenis router dapat membuat jaringan wifi untuk anda gunakan, dan ada jenis router juga yang bisa mencabangkan menjadi beberapa jaringan dengan kabel. Selain itu ada yang berkemampuan untuk keduanya. Intinya, tujuan penggunaan router ini adalah untuk mencabangkan jaringan internet agar bisa digunakan tidak hanya untuk satu device saja. cara main bola tangkas

Permasalahannya, biaya untuk pemasangan internet saja sudah cukup mahal, apalagi jika harus membeli peralatan lain di mana hal tersebut memaksa anda merogoh kocek lebih dalam. Terlebih lagi, harga sebuah router tentu saja dibanderol hingga mencapai ratusan ribu bahkan lebih tergantung dari jenis, spesifikasi, dan kualitasnya. Maka dari itu anda tidak perlu risau lagi dengan hal tersebut. Pada kesempatan ini, kami akan mengajak anda untuk bisa berhemat dengan memanfaatkan laptop anda menjadi sebuah wifi router untuk menyebarkan jaringan yang anda miliki. Tentu saja dalam hal ini laptop anda harus memiliki hardware wifi yang normal dan bisa digunakan. Selain itu anda juga harus memastikan bahwa laptop anda bisa tersambung dengan internet dengan kabel LAN yang baru saja anda pasang. Untuk membuat jaringan wifi sendiri dengan laptop, anda bisa menggunakan beberapa software aplikasi yang dapat anda cari dan unduh dari internet.

Recommended Software Untuk Jaringan WIFI

Beberapa recommended software yang dapat anda coba antara lain bernama Connectify, MaryFi, mHotspot, My Wifi Router, dan lain sebagainya. Cara penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut cenderung sama dan mudah, sehingga anda dapat dengan mudah membuat jaringan wifi setelah mendownload dan menginstal salah satu aplikasi tersebut. Namun jika anda malas untuk melakukan download, serta anda juga ingin menghemat penyimpanan anda, maka anda bisa menggunakan Command Prompt untuk membuat jaringan wifi. Caranya, anda hanya perlu membuka aplikasi CMD dengan mencarinya menggunakan search atau dengan mengetikkannya di Run. Setelah jendela CMD muncul, anda bisa mengetikkan beberapa command dan voila, hotspot sudah jadi. Anda dapat menemukan cara menggunakan command prompt untuk mengaktifkan hotspot dari mesin pencari online dan ikuti langkah-langkah mudahnya secara runtut untuk menghindari terjadinya kegagalan.

Baca JugaProgram Aplikasi Dalam Komputer

Dengan menggunakan cara tersebut, anda bisa dengan mudah membuat jaringan wifi sendiri yang bisa anda gunakan untuk ponsel anda atau untuk digunakan oleh teman anda. Anda juga bisa menyebarkan jaringan selain dari kabel LAN, yang penting laptop anda terkoneksi dengan internet. Sehingga anda dapat dengan mudah membagikan jaringan wifi umum dengan basis mikrotik yang hanya bisa didaftarkan pada satu device, seperti di kampus atau di tempat kerja, menjadi bisa digunakan untuk beberapa perangkat sekaligus. Semoga bermanfaat.