Inilah Jenis Hardware Beserta Fungsinya Lengkap

inilah jenis hardware beserta fungsinya lengkap
Share Ke Teman Dekat Anda!

Komputer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data dalam beragam bentuk, misalnya tulisan, gambar, video, dan sebagainya. Dalam sebuah ada beragam peralatan atau perangkat yang digunakan dengan fungsinya masing-masing untuk dapat menjalankan komputer tersebuut. Tanpa adanya perangkat-perangkat tersebut maka komputer tak akan mampu mengolah data. Perangkat tersebut terbagi dalam perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Nah hardware itu sendiri dibagi lagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut pembagian jenis hardware tersebut.

Input Device

Input device atau perangkat masukan yaitu jenis perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk memasukkan data berupa perintah atau lainnya ke dalam komputer. Data dari luar akan melalui perangkat input ini untuk masuk dalam komputer yang selanjutnya akan dilakukan pengolahan data tersebut dalam komputer. Input device digolongkan menjadi dua, yaitu input device langsung yang berarti data secara langsung dimasukkan melalui perangkat input kemudian segera dilakukan pengolahan dan input device tidak langsung yang berarti data dimasukkan melalui media tertentu sebelum akhirnya dilakukan pengolahan. Contoh perangkat input langsung yaitu mouse, keyboard, light pen, scanner, touch screen, dan sebagainya. Sedangkan perangkat input tidak langsung berupa harddisk, disket, dan lain-lain.

Process Device

Perangkat ini dikatakan sebagai perangkat terpenting karena berfungsi untuk mengolah data yang telah dimasukkan. Perangkat keras dengan fungsi yang demikian disebut sebagai CPU yang juga dikatakan sebagai otak dari sebuah komputer, karena fungsinya untuk mengolah segala macam data yang masuk serta mengatur kerja perangkat lainnya. Process device ini terdiri dari RAM, processor, motherboard, dan lainnya.

Output Device

Output device dikatakan sebagai hardware yang berfungsi untuk mengeluarkan data dalam bentuk gambar, tulisan, video atau lainnya sebagai hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh process device. Dengan perangkat ini maka sebuah data yang sudah dimasukkan kemudian diolah dan akan dikeularkan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh manusia atau dengan kata lain tak menggunakan bahasa komputer lagi. Setelah data dihasilkan maka anda dapat menggunakannya langsung atau data disimpan dalam ruang penyimpanan dalam komputer tersebut. Contoh perangkat ini yaitu speaker, monitor, dan lainnya.

Backing Storage

Dalam penggunaan sebuah komputer, tentu anda membutuhkan adanya suatu ruang untuk menyimpan data-data anda. Nah perangkat keras yang berfungsi dalam hal penyimpanan yaitu backing storage. Dalam sebuah perangkat penyimpanan tersebut dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media penyimpanan internal dan eksternal. Media penyimpanan internal atau storage internal memory terdiri dari ROM dan RAM, sedangkan storage external memory berupa removeable hard disk (seperti flashdisk), optical disk, serta lainnya.

Peripheral Device

Nama peripheral device diberikan karena perangkat ini dikatakan sebagai perangkat tambahan dengan fungsinya untuk membantu perangkat lainnya dalam menyelesaikan atau menjalankan tugas yang tak bisa dilakukan oleh perangkat tersebut. Salah satu contoh dari perangkat tambahan yaitu sebuah modem yang bekerja pada untuk agar anda dapat mengakses atau menjelajahi dunia internet. Contoh yang lainnya berupa TV tuner card, sound card, dan lain sebagainya.

Sebuah komputer terdiri dari beragam perangkat yang salah satunya yaitu perangkat keras yang dapat dilihat secara fisik. Beberapa jenis perangkat keras tersebut bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing untuk dapat menjalankan sebuah komputer yang akhirnya akan menghasilkan data dalam beragam bentuk.