Cara Mengubah Hardisk Internal PC Menjadi Hardisk Eksternal

Cara Mengubah Hardisk Internal PC Menjadi Hardisk Eksternal
Share Ke Teman Dekat Anda!

Banyak sekali orang-orang yang mengeluhkan masalah hardisk pc atau laptop yang sudah menganggur atau sudah tidak terpakai lagi. Hal tersebut bisa terjadi karena pc atau laptop yang dimiliki telah diupgrade dengan hardisk yang memiliki kapasitas lebih besar, atau bisa juga karena sudah dianggap rusak oleh sistem laptop atau pc. Seperti pengalaman kami sendiri, pernah mengalami kerusakan pada hardisk pc sehingga pc tidak mau booting, dan ternyata hingga saat ini hardisk tersebut masih bisa digunakan sebagai hardisk external.

Mengubah Fungsi Hardisk Internal Menjadi Hardisk Eksternal

Jika anda mengalami permasalahan seperti di atas, anda dapat mencoba cara ini untuk memanfaatkan hardisk menganggur anda menjadi sebuah hardisk external. Untuk mengimplementasikannya, anda dapat membeli sebuah hardisk external case yang dapat ditemukan melalui toko online atau toko-toko komputer terdekat. Hardisk external case ini, bisa anda beli dengan harga yang relati cukup terjangkau dengan manfaat yang sangat luar biasa. Anda bisa tetap memanfaatkan hardisk tidak terpakai milik anda, bahkan juga bisa menyelamatkan file yang ada dalam hardisk tersebut ketika hardisk tersebut dianggap rusak oleh komputer atau laptop anda. Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebeum membeli barang ini. Hardisk pada laptop atau komputer memiliki jenis, spesifikasi, bahkan ukuran fisik yang berbeda-beda. Maka dari itu, untuk menghindari kejadian salah beli, ppastikan terlebih dahulu jenis hardisk yang anda miliki. Biasanya sebuah laptop memiliki ukuranhardisk yaitu 2,5 inch. Sedangkan pada pc, biasanya menggunakan hardisk 3,5 inch. Namun tentu tidak menutup kemungkinan jika pc menggunakan hardisk berukuran 2,5 inch. Maka dalam hal ini anda harus memastikan dengan baik agar anda membeli hardisk external case dengan ukuran yang tepat. Selain itu anda juga harus memperhatikan terkait konektor yang digunakan pada hardisk internal milik anda tersebut. taruhan cbet

Mengubah Fungsi Hardisk Internal Menjadi Hardisk Eksternal

Beberapa hardisk terbaru ditemukan menggunakan konektor SATA. Tentu anda akan lebih mudah menemukan jenis hardisk external case ini dibanding konektor lainnya. Namun beberapa hardisk external case yang khusus untuk digunakan external case IDE. Sehingga anda dapat mencoba mencarinya. Proses instalasi pada hardisk internal menjadi hardisk external dengan hardisk external case juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memasangkan konektor hardisk external case dengan konektor hardisk interal tersebut. Dalam pemasangan ini anda harus berhati-hati karena jika tidak sesuai bisa membuat tembaga penghubungnya rusak atau patah.

Memastikan Hubungan Hardisk dan Konektor Dalam Kondisi Yang Baik

Setelah anda menghubungkan hardisk dengan konektor tersebut, selanjutnya anda bisa memasukkan hardisk kedalam case dengan posisi sejajar dan rapi. Pastikan ukuran case yang anda gunakan sesuai dengan ukuran fisik hardisk internal anda. Selanjutnya pasangkan konektor dengan case secara perlahan hingga kencang. Kemudian anda bisa mengencangkannya kembali dengan baut di sisi kanan dan kiri case agar hardisk tidak terlepas dari case. Hingga proses ini, instalasi hardisk external tersebut telah berhasil. Untuk menggunakannya anda hanya perlu menghubungkan kabel USB yang telah tersedia dengan slot USB pada laptop atau PC.

Baca JugaMemori Internal Dan Eksternal Sebagai Media Penyimpanan

Demikian informasi mengenai external case untuk hardisk yang bisa anda miliki. Meskipun hanya menggunakan kabel USB sebagai penghubungnya, anda tidak perlu khawatir terkait kecepatan transfer rate yang bisa dimaksimalkan oleh alat ini. Terlebih jika anda menggunakan USB 3.0 tentu akan lebih mempercepat proses transaksi data dengan alat ini. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda dan dapat menjadi bahan referensi untuk anda.